Sabtu, 25 Desember 2010

ANALISIS SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI PADA FUNGSI LOGISTIK PADA PT. CIPTA KRIDA BAHARI

1


BAB I

GAMBARAN UMUM

PT. CIPTA KRIDA BAHARI

A. PROFIL PT. CIPTA KRIDA BAHARI

PT. Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) adalah sebuah perusahaan penyedia jasa layanan logistik terpadu nasional yang sedang berkembang pesat dan memiliki spesialisasi pada Project Logistics & Total Solution Logistics.

PT. Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) adalah sebuah perusahaan nasional merupakan anggota dari PT. Trakindo Group yang berkantor pusat di Jakarta dengan jumlah karyawan berkisar 500 orang di seluruh Indonesia. Di dirikan pada tahun 1997, CKB Logistics beroperasi dengan memadukan moda transportasi darat, laut, dan udara yang menghubungkan jaringan antara pusat di Singapura dan pusat transit di Jakarta, Surabaya, Medan, Balikpapan dan Denpasar ke lebih dari 60 kota di Indonesia.

Layanan logistik yang diberikan oleh PT. Cipta Krida Bahari bersifat fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan, meliputi layanan transportasi multi moda, jasa kepabeanan ekspor impor, manajemen gudang, special project logistics, dan solusi logistik terpadu dengan jangkauan area di seluruh Indonesia. Dengan keahliannya, CKB Logistics memfokuskan segmen pasarnya yakni perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam industri minyak, gas dan energi, pertambangan, EPC (engineering, procurement, and construction), power systems, trucks dan alat berat, dan industri lain yang membutuhkan penanganan khusus dan distribusi ke area terpencil.

Sebuah layanan logistik yang terintegrasi dari awal hingga akhir yang terpadu dengan manajemen rantai pasokan mulai dari manajemen order pembelian hingga penagihan akhir ke klien.

Spesifikasi :

· Management order pembelian

· Pengaturan pengambilan cargo baik di dalam negeri maupun luar negeri

· Dukungan dokumen pengiriman

· Manajemen konsolidasi dan transit pergudangan

· Manajemen pengurusan bea cukai

· Distribusi dan pengangkutan

· Sistem manajemen penyimpanan gudang

Strategi bisnis yang dirancang CKB Logistics dikombinasikan dengan manajemen keselamatan dan sumber daya manusia yang berdedikasi tinggi kepada pelanggan kami memberikan arti baru bagi total solusi logistik.

B. VISI DAN MISI PT. CIPTA KRIDA BAHARI

· Visi dari PT. Cipta Krida Bahari adalah :

“ Untuk menjadi perusahaan logistik terpilih yang berkomitmen kepada inovasi, teknologi dan pelayanan terbaik “

· Misi dari PT. Cipta Krida Bahari adalah :

1. Memberikan informasi yang lengkap dan akurat kepada pelanggan dalam setiap transaksi.

2. Memberikan pelayanan yang berkualitas dan terpercaya dengan harga yang kompetitif.

3. Menarik, mempertahankan, dan mempromosikan karyawan yang kemampuannya sesuai dengan posisinya, termasuk memberikan kesempatan kepada karyawan garis depan untuk mengembangkan kemampuan profesional, secara teknis maupun manajerial.

4. Memenuhi standar tuntutan industri akan kesehatan dan keselamatan kerja dalam segala aktivitas pekerjaan.

5. Mencapai pengembalian modal yang telah disepakati sesuai harapan para pemegang saham.

6. Mengembangkan peran positif perusahaan dan rasa tanggung jawab perusahaan.

7. Memiliki rekanan yang terseleksi dan manajemennya dapat dipercaya, untuk bekerja sama mencapai tujuan jangka panjang CKB.

C. STRUKTUR ORGANISASI PT. CIPTA KRIDA BAHARI

President Director : Bari Hamami

Director and Chief Financial Officer : Abdullah Juffry

Director and Chief Operating Officer : Ali R Alhabsyi

Chief Operating Officer : Marshal Boseke

Chief Operating Officer : Ivan S.T Tulong

Chief Administration Officer : Handoko Santoso

BAB II

APLIKASI SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI PADA FUNGSI LOGISTIK

PT. CIPTA KRIDA BAHARI

A. FUNGSI PEMASARAN PADA PT. CIPTA KRIDA BAHARI

Marketing atau Pemasaran adalah suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhan konsumen serta mengembangkan promosi, distribusi, pelayanan dan harga agar kebutuhan konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada tingkat keuntungan tertentu. Sistem informasi pemasaran atau dikenal dengan istilah marketing information system merupakan system informasi yang diterapkan dalam fungsi pemasaran yang mendukung perencanaan, control dan juga pemrosesan transaksi yang dibutuhkan dalam penyelesaian aktivitas pemasaran. Seperti pada perusahaan - perusahaan lain, PT. Cipta Krida Bahari juga menjalankan fungsi pemasaran yang bertujuan untuk mengendalikan seluruh system yang terkait dan tujuan yang tidak kalah penting dari fungsi pemasaran yang dijalankan PT. Cipta Krida Bahari adalah memasarkan produk yang dihasilkan dan menjaga hubungan terhadap mitra bisnisnya. Dalam hal ini fungsi pemasaran yang ditekankan dalam bentuk promosi melalui web atau lebih dikenal dengan istilah e-business. Seperti pada perusahaan lainnya, secara umum system informasi pemasaran di PT. Cipta Krida Bahari memiliki fungsi sebagai berikut :

1. Fungsi Pertukaran

Dengan pemasaran pembeli dapat membeli produk dari produsen baik dengan menukar uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan produk (barter) untuk dipakai sendiri atau untuk dijual kembali.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Distribusi fisik suatu produk dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati kebutuhan konsumen dengan banyak cara baik melalui air, darat, udara, dan sebagainya. Penyimpanan produk mengedepankan menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.

3. Fungsi Perantara

Untuk menyampaikan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen dapat dilakukan pelalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lain seperti pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian informasi serta standarisasi atau penggolongan produk.

B. APLIKASI SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI PADA FUNGSI PEMASARAN

Dalam menjalankan fungsi pemasaran, PT. Cipta Krida Bhari telah meluncurkan sebuah aplikasi sistem manajemen pemasaran khususnya dalam bidang logistic yaitu FAST( Freight Administration and Synchronized System ) yang didukung dengan Web Booking. Dua aplikasi tersebut disusun dengan menggunakan aplikasi teknologi informasi dan sistem jaringan yang canggih dan mutakhir, sehingga proses pengumpulan data menjadi lebih terpadu yang bertujuan untuk menyediakan informasi status shipment yang dapat update kapan saja dan di mana saja. Untuk aplikasi Web Booking, klien dapat mengakses langsung melalui internet jika akan melakukan order kepada PT. Cipta Krida Bahari.

Kelebihan yang didapat dengan menggunakan FAST diantaranya adalah :

a) Klien dapat membuat sendiri dokumen pengiriman dan membuat order pengambilan kargo secara online melalui internet

b) Transmisi langsung dari permintaan pengambilan kargo klien ke bagian manajemen operasional untuk proses yang cepat

c) Menu tracking & tracing, memungkinkan klien untuk menggunakan internet untuk memonitor dan menelusuri status terakhir dari pengiriman barangnya, termasuk juga untuk mengetahui estimasi waktu tiba.

d) Sistem ini juga memungkinkan penarikan laporan yang dibutuhkan dari sistem :

      • Laporan Performance dari layanan tertentu
      • Laporan Volume Pengiriman
      • dan laporan-laporan lainnya

Selain menawarkan kelebihan, FAST juga memiliki manfaat yakni :

a) Penagihan klien yang akurat dan tepat waktu

b) Cocok untuk Logistik heavy duty distribution

c) Keamanan dan pertanggungjawaban bagi sistem informasi server klien

BAB III

ANALISIS SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI PADA FUNGSI LOGISTIK

PADA PT. CIPTA KRIDA BAHARI

A. KELEBIHAN

Aplikasi yang di miliki oleh PT. Cipta Krida yaitu berupa FAST ( Freight Administration and Synchronized Tracking ) dan Web Booking memiliki beberapa kelebihan yaitu :

1. Mengurangi Biaya

Pemasaran yang berbasis web yang menekankan pada pelayanan swalayan kepada pelanggan, membuat perusahaan mampu menekan biaya pemasaran. Karena semua data telah terorganisasi dalam satu rangkaian yakni sistem web booking yang memungkinkan terjadinya pembelian dan penjualan dalam waktu yang actual.

2. Meningkatkan efisiensi operasional

Otomasisasi penjualan yang terintegrasi dalam sistem aplikasi FAST dan Web Booking dapat mengurangi risiko turunnya kualitas pelayanan dan mengurangi beban karena konsistennya sistem aplikasi yang dipakai. Selain itu karena input dilakukan sendiri oleh perusahaan pelanggan, maka jika terjadi kesalahan konfirmasinya menjadi lebih mudah.

3. Peningkatan time to market

Dengan penggunaan web yang selalu dapat diakses kapan saja, memungkinkan perusahaan untuk membawa produk – produk terbaru atau pelayan jasa terbaru ke pasar dengan lebih cepat dengan informasi pelanggan lebih baik. Selain itu juga hambatan waktu, geografis dapat dikesampingkan untuk mempercepat proses pemasaran.

4. Peningkatan pendapatan

Perusahaan dapat melakukan penjualan dan pelayanan melalui website sehingga peluang dari penjualan secara global tanpa perlu menyediakan upaya khusus untuk mendukung penjualan dan pelayanan tersebut.

5. Kemudahan akses

Dengan menggunakan aplikasi FAST, pelanggan dapat melakuakn order secara online langsung tanpa ada batasan waktu, sistem pelayanan secara swalayan ini memudahkan akses pelanggan ke perusahaan. Dimaksudkan juga media promosi melalui web pelanggan dapat dengan mudah mencari informasi yang diinginkan, berbeda halnya apabila promosi dilakukan secara manual maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menjelaskan dan melayani pertanyaan dari pelanggan.

B. KEKURANGAN

Di samping memilki beberapa kelebihan di atas, aplikasi FAST dan Web Booking memiliki beberapa kekurangan diantaranya :

1. Dapat terjadi kerugian tak terduga.

Dapat terjadi karena gangguan pelayanan yang di sengaja, praktek bisnia keridakjujuran, praktek bisnis yang diselewengkan baik akibat factor manusia atau elektronik.

2. Menimbulkan pencurian informasi yang berharga.

Hal ini dapat terjadi karena penyebaran informasi rahasia perusahaan kepada pihak yang tidak berhak.

3. Kerugian karena kehilangan kesempatan bisnis akibat aspek non teknis.

Dapat digambarkan ketika sebuah perusahaan sedang mengejar omzet penjualan, namun terjadi gangguan pada sistem satelit atau pada sistem listrik yang dapat menggangu proses input order kepada perusahaan. Hal ini tentunya menimbulakan kerugian tersendiri bagi perusahaan.

BAB IV

PENUTUP

A. KESIMPULAN

PT. Cipta Krida Bahari adalah sebuah perusahaan penyedia jasa pelayanan logistic nasional yang berkantor pusat di Jakarta, yang pelayanannya meliputi layanan transportasi multi moda, jasa kepabeaan ekspor impor, manajemen gudang, special project logistic, dan solusi logistic teroadu dengan wilayah jangkauan seluruh Indonesia.

Dalam menjalankan fungsi pemasarannya, PT. Cipta Krida Bahari menggunakan suatu sistem yang mendorong sistem infomasi pemasarannya yaitu FAST ( Freight Administration and Synchronized Tracking ) yang didukung oleh aplikasi Web Booking. Melalui aplikasi tersebut perusahaan pelanggan dapat menginput sendiri order jasa yang diinginkan kepada PT. Cipta Krida Bahari secara online melaui internet. Selain itu perusahaan pelanggan dapat juga memperoleh status shipment yang dapat di update kapan saja dan di mana saja.

B. SARAN

Dalam menggunakan aplikasi FAST yang di dukung dengan web booking, sebaiknya perusahaan melengkapinya sistem pengamanan yang memadai untuk meminimalkan terjadinya tindak ketidakjujuran yang dapat merugikan perusahaan. Selain itu apanbila terjadi masalah dalam aplikasinya, agar tidak kehilangan kesempatan bisnis, sebaiknya perusahaan memiliki aplikasi sistem teknologi informasi cadangan yang dapat diandalkan sewaktu – waktu.

DAFTAR PUSTAKA

§ http://organisasi.org/arti-definisi-pengertian-pemasaran-fungsi-pemasaran-marketing-ilmu-manajemen-pemasaran

§ http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_pemasaran

§ http://www.ckb.co.id/index.php?lang=bi

§ HM, Jogiyanto. 2005. Sistem Teknologi Informasi. Andi : Yogyakarta.

§ O’Brien, James A, 2005, PENGANTAR SISTEM INFORMASI, Jakarta: Salemba Empat

1 komentar:

tangkus mengatakan...

kalo untuk erp sap logistics dan erp ramco logistic nya apakah masih pakai ?

Posting Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting